Skip to content

Cara Mengecek dan Membersihkan Riwayat Kredit di BI Checking Online

Posted in Lain Lain

Harga rumah tidak murah, jadi hanya sedikit orang yang dapat membelinya secara tunai. Untungnya, ada fasilitas pinjaman hipotek yang memungkinkan banyak orang memiliki rumah dengan pembayaran cicilan. Namun, perlu diingat bahwa fasilitas KPR tidak selalu berjalan lancar. Bahkan, beberapa di antaranya ditolak oleh bank karena gagal melakukan BI checking.

Mengenal BI Checking dan fungsinya dalam pengajuan KPR

BI Checking adalah proses yang harus dilalui nasabah bank setiap kali mereka ingin mengajukan kredit, salah satunya adalah hipotek. Prosesnya dalam bentuk penelusuran sejarah kredit nasabah, seperti terlihat dalam sistem informasi kebangkrutan Bank Indonesia (SID). Riwayat kredit pelanggan baik atau buruk Anda akan dievaluasi dengan skor kredit 1 dan 5, di mana 1 berarti sangat baik dan 5 berarti sangat buruk. Skor kredit pelanggan kemudian akan digunakan sebagai referensi oleh bank untuk menentukan apakah aplikasi hipotek memenuhi syarat untuk disetujui atau ditolak.

Tidak hanya itu, jumlah nominal pinjaman, mandat yang diperoleh dan bunga yang dibebankan juga ditentukan oleh skor kredit. Jika Anda memiliki skor kredit yang baik, aplikasi hipotek Anda akan lebih mudah diterima. Sedangkan jika skor kredit Anda buruk, yang terjadi adalah sebaliknya.

BI Checking kini telah mengubah namanya menjadi SLIK dan dikelola oleh OJK

Sebelumnya, proses verifikasi BI dijalankan oleh Bank Indonesia, sejak 1 Januari 2018, SID telah digantikan oleh sistem informasi keuangan (SLIK) yang dioperasikan oleh otoritas jasa keuangan (OJK). Ini bekerja seperti BI Memeriksa, dan semua layanannya berubah dari BI ke OJK. Namun, orang lebih mengenal istilah BI Checking untuk proses pengecekan histori kredit ini.

Pemeriksaan histori kredit sekarang hanya dapat dilakukan melalui Cek BI online (dikonversi ke OJK SLIC online)

Bagi Anda yang berencana untuk membuat hipotek atau pinjaman apa pun, Anda harus terlebih dahulu memeriksa BI Memeriksa Anda sebelum mengajukan permohonan hipotek. Mengapa, Anda dapat memproyeksikan diri Anda jika permintaan Anda ditolak atau diterima sebelum pergi ke banyak bank. Seperti disebutkan sebelumnya, Inspeksi BI kini telah diubah namanya menjadi SLIK. Melalui situs resminya, OJK telah mengumumkan bahwa toko-toko SLIK hanya akan dapat beroperasi online dari 18 Maret 2020 hingga waktu yang ditentukan. Ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus koroner.

Cara mengecek BI Checking online di SLIK OJK adalah sebagai berikut:

1. Debitur dapat menerima informasi tentang debitur SLIC dengan mengisi formulir rotasi online mereka di https://konsumen.ojk.go.id/MinisiteDPLK/Signup

2. Setelah menerima persetujuan email yang dikirim, debitur menghubungi nomor ID email WhatsApp untuk mengkonfirmasi data

3. Setelah proses verifikasi, informasi debitur SLIK akan dikirim melalui email.

Riwayat kredit di BI Apakah cek online negatif? Berikut cara membersihkannya
Setelah melakukan prosedur di atas, Anda akan mengetahui kelebihan dan kekurangan dari sejarah kredit Anda.

Jadi, jika Anda memiliki sejarah kredit yang buruk, mengapa Anda memiliki banyak tunggakan? Tentu saja Anda harus memperbaikinya. Apalagi jika nama Anda masuk daftar hitam, sulit mendapatkan pinjaman apa pun. Mimpi membeli rumah secara kredit tidak akan pernah menjadi kenyataan. Tenang, Anda benar-benar dapat menghapus riwayat kredit Anda. Inilah yang perlu Anda lakukan:

1. Melunasi hutang

Tentu saja, hal pertama yang harus dilakukan adalah melunasi hutang. Bayar satu per satu dan mulai dengan hutang yang tanggal jatuh temponya sudah lama hilang. Ini untuk menghindari denda besar. Selanjutnya, lunasi hutang lain.

2. Melaporkan pelunasan ke lembaga keuangan terkait

Jika Anda telah membayar hutang, nama Anda tidak akan segera dibatalkan. Penting untuk melaporkan kepada lembaga keuangan terkait bahwa utang telah dilunasi dengan menunjukkan bukti pembayaran. Pelaporan juga dapat dilakukan secara langsung melalui OJK termasuk bukti pembayaran utang. Setelah itu, sistem OJK akan secara otomatis mengubah data Anda.

3. Jika nama Anda ada dalam daftar hitam OJK, tunggu 24 bulan

Bagaimana jika nama Anda ada dalam daftar hitam OJK? Setelah Anda melunasi hutang dan melaporkannya, Anda harus menunggu 24 bulan setelah daftar hitam. Sistem OJK akan secara otomatis dibersihkan setelah periode ini berakhir.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *