Cari Tahu Yuk, Pengertian Anhidrosis dan Pencegahannya

Pengertian anhidrosis secara awam adalah tubuh tidak berkeringat. Keringat merupakan salah satu tanda-tanda tubuh dan kulit yang sehat. Meskipun keringat bisa sangat mengganggu dan menyebabkan perasaan tidak nyaman, namun kulit yang tidak berkeringat sama sekali justru sangat berbahaya, lho. Yuk, cari tahu lebih lanjut.

Pengertian Anhidrosis Secara Medis

Disebut juga dengan “hypohidrosis,” anhidrosis adalah ketidakmampuan untuk berkeringat secara normal. Jika Anda tidak berkeringat, tubuh tidak dapat menurunkan suhunya, yang dapat menyebabkan panas berlebihan dan kadang-kadang bisa berakibat fatal. 

Penyebab Tubuh Mengalami Anhidrosis 

Ada puluhan faktor yang dapat menyebabkan penyakit ini, termasuk trauma kulit dan efek dari pengobatan tertentu. Anhidrosis bisa karena bawaan lahir, atau didapat pada beberapa titik dalam kehidupan. 

Anhidrosis dapat berkembang dengan sendirinya, atau sebagai salah satu tanda atau gejala penyakit lain, seperti diabetes atau lesi kulit. Dehidrasi juga dapat menyebabkan anhidrosis. Namun Anhidrosis ringan seringkali tidak terdeteksi. Penyebab anhidrosis secara umum adalah sebagai berikut:

  • Penyakit bawaan seperti displasia kongenital tertentu yang mempengaruhi perkembangan kelenjar keringat.
  • Penyakit keturunan yang mempengaruhi metabolisme, seperti penyakit Fabry.
  • Penyakit jaringan ikat, seperti sindrom Sjogren, yang menyebabkan mata dan mulut kering.
  • Kerusakan kulit, seperti yang disebabkan oleh luka bakar atau terapi radiasi, atau penyakit yang menyumbat pori-pori (penyumbatan pori), seperti psoriasis.
  • Penyakit yang menyebabkan kerusakan saraf (neuropati), seperti diabetes, alkoholisme dan sindrom Guillain-Barre.
  • Obat-obatan tertentu, seperti toksin morfin dan botulinum tipe A dan yang digunakan untuk mengobati psikosis.

Komplikasi Anhidrosis bagi Kesehatan

Penyakit yang berhubungan dengan panas adalah komplikasi paling serius dari anhidrosis. Anak-anak sangat rentan dengan penyakit ini, karena suhu internal anak-anak naik lebih cepat daripada orang dewasa, dan tubuh mereka melepaskan panas kurang efektif. Masalah terkait panas meliputi:

  • Kram panas: Gejalanya meliputi nyeri otot atau kejang. Beristirahatlah di tempat yang dingin dan minum air. Segera dapatkan bantuan medis jika kram berlangsung lebih dari satu jam.
  • Kelelahan karena panas: Tanda dan gejala termasuk lemah otot, mual, denyut nadi cepat. Pergi ke tempat yang dingin dan dapatkan bantuan medis jika gejalanya berlangsung lebih dari satu jam.
  • Heat stroke: Kondisi yang berpotensi fatal ini terjadi ketika suhu tubuh mencapai 39.5 derajat Celcius atau lebih. Kulit terasa panas hingga merah atau kering. Jika tidak segera diobati, Heat stroke dapat menyebabkan hilangnya kesadaran.

Pencegahan Anhidrosis

Setelah mengetahui pengertian anhidrosis, memahami pencegahannya juga sangat diperlukan. Seringkali, anhidrosis tidak dapat dicegah, tetapi penyakit serius yang berhubungan dengan panas dapat dikendalikan. Berikut kiat agar Anda tetap aman:

  • Kenakan pakaian yang ringan, menyerap keringat, dan longgar saat musim panas.
  • Tetap di dalam rumah dan jika perlu gunakan pendingin ruangan selama hari-hari panas.
  • Bawa botol semprot berisi air untuk mendinginkan wajah dan leher jika Anda sedang berada di luar rumah.
  • Pantau tingkat kesibukan Anda dengan cermat sehingga Anda tidak beraktivitas berlebihan.
  • Ketahui tanda-tanda penyakit yang berhubungan dengan panas dan cara untuk mengobatinya.

Penanganan Terhadap Anhidrosis 

Anhidrosis yang menyerang hanya sebagian kecil tubuh biasanya tidak menjadi masalah dan biasanya tidak memerlukan perawatan khusus. Namun, jika ada penurunan keringat di area yang luas, maka hidup Anda sedang dalam bahaya. Perawatan akan tergantung pada penyakit yang menyebabkan anhidrosis. 

Misalnya, jika Anda mendapatkan anhidrosis dari obat yang obat yang sedang Anda konsumsi, maka konsumsinya harus dihentikan. Jika anhidrosis disebabkan oleh penyumbatan saluran keringat, mungkin ada baiknya Anda rutin membersihkan kulit dengan scrub yang lembut.

Dengan mengetahui pengertian anhidrosis, gejala, dan perawatan yang diperlukan, Anda bisa mendeteksi dini dan melakukan pencegahan. Kulit yang sehat ternyata tidak hanya bersih tapi juga menghasilkan keringat dalam kadar normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *