Skip to content

Ciri Khas Batik Solo dan Batik Motif Truntum

Posted in Gaya Hidup

Batik sering dikatakan sebagian besar orang sebagai identitas bangsa Indonesia yang telah diakui dunia. Apakah anda setuju jika salah satu penghasil terbaik berada di Solo? Solo merupakan sebuah kota yang ramai dan berada di wilayah provinsi Jawa Tengah dikenal sebagai salah satu produsen batik terbaik di Indonesia. Solo merupakan kota yang masih masuk pada Karesidenan Surakarta, dan Solo sangat pekat dengan budaya Jawa. “The Spirit of Java” merupakan slogan yang dimiliki oleh kota ini untuk menunjukkan sebuah tekad mengakar untuk melestarikan budaya Jawa.

  1. Terdapat Kisah Sejarah dalam Batik Solo

Keunikan yang pertam adalah beberapa motif batik ataupun motif batik mempunyai kisah sejarah tersendiri. Misalnya pada batik Surakarta atau yang dikenal batik Solo tersebut juga memiliki kisah sejarah yang menarik kita ikuti. Pada zaman dahulu kala terdapat seorang Ratu yang menciptakan motif batik awalnya dengan bentuk bintang yang memiliki ukuran kecil. Dari motif batik sang Ratu begitu berhasil menarik perhatian sang Raja, kemudian sang Raja pun melihat proses pembuatan motif batik tersebut dan mengembangkannya menjadi seni membatik.

  1. Memiliki Motif Relatif Berukuran Kecil

Ciri selanjutnya, keunikan batik solo tak hanya dilihat dari dari ciri geometrisnya saja, karena batik Solo juga menggunakan ukuran motif yang relatif lebih kecil dibandingkan jenis batik yang lainnya. Ciri khas batik solo berupa motif kecil inilah yang terdapat pada jenis batik bermotif Truntum.

  1. Mempunyai Ciri Geometris

Keunikan yang terakhir dan sangat menonjol dari ciri khas batik solo yaitu motif dari batik Solo lebih dikenal memiliki ciri khas dengan pola geometris pada batiknya. Beberapa contoh dari motif batik Solo ini seperti pada motif Sidomukti, Sidoasih, dan Sidoluruh.

Motif Batik Truntum

Motif Truntum ini biasa digunakan dalam proses pernikahan. Akan tetapi dari semua jenis motif Truntum ini lebih cenderung dipakai para orang tua pengantin. Makna dari kata Truntum itu sendiri adalah seorang penuntun yang dapat membimbing serta menjadi contoh yang baik bagi anak dalam menjalankan kehidupan yang baru.

Beli Baju Batik dan kain batik berkualitas dengan harga terjangkau di https://batik-s128.com/

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *