Skip to content

Elektrik Starter Tidak Mau Menyala? Mungkin Ini Penyebabnya

Posted in Otomotif

Memiliki sepeda motor sendiri sekarang ini sangatlah mudah, karena sekarang ini banyak sekali motor baru yang dijual dengan harga yang terjangkau. Selain itu, berbagai metode pembayaran ditawarkan dalam bentuk tunai dan kredit, sehingga memudahkan konsumen dalam bertransaksi. Tawaran DP (Uang Muka) rendah semakin digemari oleh pengguna kelas menengah yang ingin membeli motor idaman tersebut.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan setelah membeli sepeda motor. Anda tentunya membutuhkan perawatan secara berkala agar motor kesayangan anda ini awet dan nyaman digunakan dalam waktu yang lama.

Pemeliharaan yang malas akan berdampak fatal bagi kondisi sepeda motor. Baik dari segi keamanan dan kenyamanan saat digunakan. Masalah kecil yang sering ditemui adalah menyalakan atau menyalakan listrik pada mesin yang tidak dapat digunakan, sehingga mesin tersebut harus dihidupkan untuk menghidupkan mesin tersebut. Kalau Anda motornya matic, jelas akan lebih mengganggu; Karena harus “standarisasi” mesin menggunakan standar medium baru bisa dihidupkan. Berikut beberapa alasan mengapa mesin tidak dapat dihidupkan yang kami kutip dari Trijaya Part Motor:

Kondisi aki yang drop

Aki memiliki umur sekitar 1-2 tahun atau lebih dari 20.000 km. Setelah 2 tahun, atau jika baterai menunjukkan tanda-tanda performa, sebaiknya Anda segera mengecek dan mengganti baterai dengan yang baru. Ada berbagai macam penyebab kegagalan aki diantaranya penggunaan klakson terus menerus, mesin jarang dipanaskan sehingga tegangan pada aki langsung terpakai tanpa pengisian terlebih dahulu dan lain sebagainya.

Busi yang sudah mati

Busi merupakan salah satu bagian penting dari sebuah sepeda motor yang sering disalahkan saat sepeda motor rusak dan tidak dapat distarter. Lakukan pemeriksaan rutin setiap 4.000 km dan ganti busi setiap 8.000 km. Biasanya candle mati karena candle yang terlalu panjang atau kondisi candle yang banjir.

Sistem pengapian tidak berfungsi dengan baik

Penting untuk dilakukan pengecekan sistem pengapian untuk mengetahui apakah saluran pengapian dalam keadaan baik atau tidak agar sistem pengapian dapat berfungsi dengan normal. Jika tidak dalam kondisi baik, pastikan untuk memeriksa dengan AHASS.

Ada air yang masuk ke karburator dan sistem pembakaran

Hal berikutnya yang merupakan masalah mesin tidak berjalan adalah water hammer. Water hammer adalah istilah yang mengacu pada kondisi di mana air masuk ke dalam sistem bahan bakar sehingga menyebabkan mesin menyala. Perlu diketahui bahwa pembakaran tidak akan terjadi jika ada air yang memadamkan api. Maka dari itu kesadaran air juga berperan penting dalam munculnya gejala mesin tidak menyala.

Komponen starter elektrik, seperti roda gigi starter, dinamo, dan unit relai yang rusak

Pada mesin yang memiliki start elektrik, seperti pada sepeda motor modern saat ini, gejala mesin tidak mau dihidupkan seringkali karena tidak berfungsinya sistem penyalaan elektronik mesin. Ini karena usia tidak didukung (suku cadang perlu diganti). Bisa juga ada bagian seperti gigi starter, rakitan relai, bahkan dinamo starter yang sudah rusak, sehingga mesin tidak bisa dinyalakan saat dinyalakan. Oleh karena itu pemeriksaan dan penggantian suku cadang di atas juga harus dilakukan agar mesin tetap dapat dihidupkan layaknya sepeda motor baru.

Kualitas bahan bakar buruk

Bahan bakar yang buruk juga bisa menjadi masalah tambahan yang dapat menghambat jalannya mesin. Hal tersebut dapat terjadi karena berbagai sebab, mulai dari kualitas nilai oktan bahan bakar yang tidak memenuhi spesifikasi mesin hingga adanya senyawa air tercampur pada dispenser di bengkel, hal ini menyebabkan bensin yang masuk ke tangki motor tercampur. dengan air, sehingga mesin tidak bisa dihidupkan.

Lakukan perawatan rutin agar mesin tidak rusak. Ini untuk memastikan bahwa suku cadang sepeda andamasih dapat digunakan atau tidak digunakan, untuk mengganti spare part anda bisa menghubungi Paket Bengkel Motor.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *