Skip to content

Manfaat Ikan Laut Bagi Kesehatan

Posted in Kesehatan

Ikan laut sudah sangat populer dengan nutrisi penting seperti protein, vitamin D dan sumber asam lemak omega-3 terbaik. Bahan-bahan ini sangat penting bagi tubuh dan otak. Beberapa ikan memiliki nutrisi omega-3 yang lebih tinggi daripada yang lain, yaitu salmon dan tuna.

Mengurangi risiko serangan jantung dan stroke
Serangan jantung dan stroke adalah penyebab kematian paling umum di dunia. Studi tersebut mengatakan bahwa mengonsumsi 1 porsi atau lebih ikan per minggu memiliki risiko penyakit jantung 15% lebih rendah. Ini diasumsikan karena memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi. Penelitian lain menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 mengurangi risiko aritmia yang dapat menyebabkan kematian mendadak. Asam lemak omega-3 juga dapat menurunkan kadar trigliserida, tingkat pertumbuhan plak (aterosklerosis dan menurunkan tekanan darah).

Mengandung makanan yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan
Asam lemak omega-3, sering disebut asam docosahexaenoic (DHA), sangat penting untuk perkembangan otak dan mata. Namun, karena ikan laut mengandung banyak merkuri, wanita hamil harus membatasi konsumsi ikan mereka hingga 340 gram per minggu. Wanita hamil juga harus menghindari ikan mentah karena dapat mengandung mikroorganisme yang membahayakan janin.

Mencegah gangguan fungsi otak akibat penuaan
Fungsi otak bisa berkurang seiring bertambahnya usia. Menurut penelitian, seseorang yang makan lebih banyak ikan laut mengalami penurunan fungsi otak lebih lambat.

Mengurangi risiko penyakit autoimun, termasuk diabetes tipe 1
Penyakit autoimun terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang dan menghancurkan jaringan tubuh yang sehat. Contohnya seperti diabetes tipe 1 yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh menyerang pankreas. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa makan omega-3 atau minyak ikan dapat mengurangi risiko diabetes tipe 1 pada anak-anak dan orang dewasa.

Menjaga kesehatan penglihatan pada orang tua
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan omega-3 pada ikan dapat menjaga kesehatan mata. Dalam satu penelitian, konsumsi ikan secara teratur dapat mengurangi risiko gangguan mata hingga 42%.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *