Skip to content

Mengenal Batik dan Perkembangannya

Posted in Gaya Hidup

Dari masa ke masa, batik terus berkembang. Batik bukan lagi bahan yang hanya disimpan di lemari dan dilepas jika dipakai saat acara khusus. Ironisnya, ada sebagian orang Indonesia yang memakai kain batik sebagai selimut saat tidur. Namun, kini banyak orang yang mencari batik terbaru untuk dipakai sebagai busana, baik kasual maupun formal. Namun di Indonesia batik cenderung digunakan untuk acara formal karena batik merupakan salah satu pakaian nasional Indonesia.

Di Jawa, batik pada umumnya dikenakan saat menghadiri acara pernikahan atau acara resmi lainnya. Kini busana batik tidak seperti dulu, dimana Anda harus mengikuti aturan berbusana. Batik diproduksi lebih leluasa dalam bentuk apapun. Batik bisa digunakan sebagai pakaian yang dikenakan untuk setiap hari ataupun saat bepergian kemana saja. Jika kita melihat batik masa lalu, jika kita melihat batik masa lalu, banyak sekali perbedaannya. Warna, jenis bahan, teknik dan corak pakaian batik kini semakin menarik dan beragam.

Ragam motif batik saat ini tidak terpaku pada bentuk motif, tatanan, motif dan teknik seperti pada batik klasik. Perkembangan batik saat ini sangat luas, mulai dari unsur motif klasik hingga motif modern dan ekspresif. Variasi motif tersebut tergantung dari pencipta batiknya. Motif batik bisa berupa cerita kehidupan sehari-hari, dulu atau sekarang, pengayaan flora atau fauna bebas serta motif abstrak.

Batik semakin kaya warnanya. Dulu, teknik pewarnaan juga dilakukan secara alami dengan menggunakan bahan-bahan alami. Namun batik berkembang sangat pesat. Perkembangan ini dikarenakan semakin banyaknya permintaan akan kebutuhan pasar. Pewarnaan batik kini bisa dilakukan dengan menggunakan pewarna sintetis dibantu mesin canggih.

Pewarna alam sudah tidak digunakan lagi sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk mengolah batik sebagai pakaian dan alat ekspresi diri. Dalam hal ini batik dapat dibuat untuk dikenakan sebagai pakaian dengan teknik melintir tanpa harus memotong kainnya. Begitulah selera artikel Batik dan perkembangannya.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *