Penyebab Jari Tangan Bengkak dan Solusinya

Tangan merupakan bagian tubuh yang mempunyai beberapa bagian yang penting seperti misalnya jari. Jari tersebut juga bisa mengalami sakit sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman seperti misalnya ketika mengalami jari yang bengkak. Ketika jari bengkak, hal tersebut tentunya akan mengurangi efektivitas melakukan kegiatan sehari-hari karena semua hal biasanya dikerjakan dengan bantuan jari. Oleh karena itulah ketika mengalami jari bengkak, Anda bisa melakukan penanganan yang terbaik sehingga dapat mengatasi masalah kesehatan yang satu ini. Adapun jari yang bengkak sendiri terjadi karena terjadinya peradangan, penumpukan cairan, dan juga pembesaran otot yang bisa terjadi di jari. Sehingga hal tersebut akan membuat jari membesar atau membengkak dan pada umumnya disebabkan oleh beberapa hal seperti berikut ini:

  1. Asam urat
    Penyebab mengapa jari bisa mengalami bengkak yang pertama adalah karena asam urat. Kondisi ini bisa terjadi karena adanya nyeri yang mendadak di area persendian terutama di sekitar jari. Asam urat sendiri memang dapat menyerang bagian seluruh tubuh, akan tetapi yang paling utama adalah dibagian jari. Oleh karena itulah karena penumpukan kristal asam urat pada sendi menyebabkan jari dapat mengalami bengkak. Untuk mengatasi hal ini Anda bisa melakukan pengompresan pada jari yang bengkak. Akan tetapi akan lebih baik apabila menghindari makanan, minuman, dan juga kebiasaan yang dapat membuat asam urat menjadi naik sehingga dapat menghindari kondisi jari yang bisa bengkak.
  2. Infeksi
    Penyebab selanjutnya yang bisa membuat Anda mengalami jari bengkak adalah karena terjadinya infeksi. Hal ini bisa disebabkan karena infeksi bakteri staphylococcus dan streptococcus. Kedua bakteri tersebut dapat menyebabkan infeksi yang tumbuh di jaringan dalam jari yang terluka. Biasanya hal ini dapat terjadi ketika jari mengalami infeksi karena luka digigit serangga, luka tusuk, hingga juga karena mengalami luka potong. Sehingga luka infeksi tersebut akan terus menyebar melalui peredaran darah dan membuat jari menjadi bengkak. Adapun cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan melakukan pembersihan pada infeksi yang terjadi, sehingga nantinya infeksi tersebut tidak menimbulkan efek samping yang dapat membuat jari membengkak.
  3. Cantengan
    Penyebab jari selanjutnya mengalami bengkak adalah karena cantengan. Hal ini bisa terjadi karena pertumbuhan kuku yang menjorok ke dalam dan dapat melukai kulit. Hal tersebut juga dapat menjadi penyebab mengapa Anda mengalami infeksi dan luka dan menyebabkan jari bengkak. Cantengan ini akan dapat membuat pembengkakan di daerah tepian kuku yang apabila terluka dapat mengeluarkan nanah dan terasa nyeri. Cara untuk mengatasi hal ini sendiri dapat dilakukan untuk memotong kuku dengan rutin agar menghindari cantengan.
  4. Jari tabuh
    Dan kondisi terakhir yang dapat menyebabkan jari bengkak karena jari tabuh. Kondisi ini merupakan gejala hipoksia yang menunjukan kondisi rendahnya kadar oksigen dalam darah. Sehingga apabila hal tersebut terjadi dalam jangka waktu yang lama dapat membuat Anda mengalami jari yang bengkak dan berbagai penyakit lainnya yang dapat berbahaya.

Beberapa hal di atas merupakan penyebab jari tangan yang bengkak yang dapat untuk dicegah dan juga diatasi. Adapun hal yang bisa dilakukan ketika jari Anda bengkak adalah sebagai berikut:

  1. Pertama adalah dengan membersihkan jari dengan air hangat secara berkala.
  2. Meletakkan atau mengangkat jari bengkak dengan posisi yang lebih tinggi dari jantung.
  3. Tidak banyak menggerakkan jari bengkak yang terluka.
  4. Mengompres jari dengan es batu.
  5. Membersihkan luka secara teratur dan tutup dengan perban.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *